Mahasiswa Peserta Kuliah Kebijakan Politik Internasional Diskusikan Kematian Jamal Kashoggi

Probolinggo. Pagi ini pada pukul 07.30 – 10.00 WIB, mata kuliah Kebijakan Politik Internasional dimulai. Perkuliahan ini diisi oleh dua presenter yang hadir yakni kelompok Angela Merkel dan kelompok Justin Trudeau. Presentasi pertama dilakukan oleh mahasiswa bernama Purnama Maulana Putra. Purnama Maulana Putra memberi paparan terkait catatan peristiwa yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber yang reliabel seperti dari Reuters, Kompas.id, CNN, BCC dan sumber-sumber lainnya. Presentasi kedua diisi oleh mahasiswa bernama Luxman Adies Sholeh. Kedua presenter mampu menghadirkan muatan presentasi yang komprehensif dan menarik untuk disimak.

Pertemuan ini sengaja dirancang agar mahasiswa memiliki peluang untuk dapat mengimplementasikan ilmu dan metodologi Kebijakan Politik Internasional yang diperoleh selama tujuh pertemuan pertama. Mahasiswa diberi kebebasan untuk menyampaikan pendapat dan persepsi mereka menggunakan metode ilmiah yang telah diajarkan. Salah satu kasus yang mencuat dan menarik perhatian internasional adalah konspirasi pembunuhan wartawan the Washington Post Jamal Khasooggi beberapa waktu lalu.

Melalui studi kasus ini, mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan analisis kebijakan luar negeri menggunakan tiga level analisis yakni level analisis individu, level analisis negara, dan level analisis internasional.

Mata kuliah ini diampu oleh Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Bu Renny Candradewi, M.A.

Berikut dokumentasi yang berhasil dikumpulkan oleh kontributor:

Purnama Maulana P yang memberi paparan alternatif dari studi kasus pembunuhan Jamal Khasoogi

Luxman A Putra yang memberi paparan alternatif dari studi kasus pembunuhan Jamal Khasoogi

Suasana kelas yang kondusif

Sesi tanya jawab dalam rangka menanggapi pertanyaan dari mahasiswa bernama Yanda